Cerberus Gaming

Cewek Kok Perang? Farah Karim dan Faktanya di Call of Duty Modern Warfare Indonesia

Farah Ahmed Karim… Dia hanyalah seorang anak dari warga sipil biasa. Ayahnya, Walid Karim adalah seorang professor, dan ibunya Fatima Karim seorang PNS di Urzisktan. Dulu fans nganggap kalau ayahnya seorang prajurit liberation juga, soalnya di rumah Farah ada foto seorang pemuda bawa senjata, yang diyakini sebagai ayah Farah, tapi enggak ya. Secara official udah disebutin kalau ayahnya itu professor, jadi foto pemuda itu masih sebuah misteri. Dia punya adik bernama Hadir, udah fix ya, kalau Farah itu kakanya Hadir, soal kenapa fisik Hadir lebih besar dari Farah karena arab memang kyak gitu, rata-rata fisik pria arab lebih besar dari fisik wanita arab.

Dulu mereka hidup dengan damai, saling menghormati, dan penuh dengan kebahagiaan… Namun semua berubah setelah negara Rusia menyerang. Pasukan Barkov membabi buta menyerang penduduk di wilayah Farah Karim karena dianggap membantu pejuang kemerdekaan yang mereka anggap sebagai teroris. Di usianya yang masih sangat kecil (kisaran usia 7-10 tahun), Farah sudah harus melihat ayah ibunya tewas di depan mata kepala dia sendiri. Dengan pesan dari ayahnya bahwa mereka harus tetap berjuang dan jangan menyerah, mau tidak mau, siap tidak siap, Farah dan Hadir akhirnya harus berjuang bertahan hidup…

Nah, seiring berjalannya waktu, Farah pun mendirikan sekaligus menjadi komandan dari Urzikstan Liberation Force (di singkat ULF), sebuah gerakan militer yang bertujuan untuk membuat Urzikstan Merdeka dari pendudukan militer asing. Gerakan yang sudah dibentuk Farah pada tahun 2010 ini tidak hanya berperang lawan pasukan musuh saja (di sini yang dimaksud pasukan Rusia ya), mereka juga membangun sebuah unit untuk melindungi warga dari serangan teror di seluruh Urzikstan, termasuk Al-Qatala.

Urzikstan Liberation Force ini diisi oleh para sukarelawan, jadi benar-benar dari warga sipil yang ingin negaranya merdeka, baik pria maupun wanita. Untuk bergabung dengan pasukan Farah, semua warga Urzikstan bisa ikut, dan nantinya mereka akan dibekali dengan ilmu militer, dan langsung terjun dengan pasukan ULF. Tapi Farah hanya mengizinkan bagi warganya yang berusia 15 tahun ke atas, di bawah usia itu Farah tidak mengizinkan mereka ikut berperang.

Terus dana buat senjata sama lainnya dari mana? Dari negara? Sebetulnya Farah lebih memilih berdiri sendiri ya soal pendanaan, tapi dia juga nerima pendanaan dari komunitas internasional. Pas kepepet juga Farah meminta bantuan dari pihak asing, makanya sobat gamer bisa lihat aksi Kapten Price muda ketika menolong Farah, walupun sejatinya itu merupakan bantuan tidak resmi dari Inggris.

Soal siapa lawannya ULF, mereka ini kasihan ya sebenernya. Sudah isinya prajurit sukarelawan semua, tapi jadi sasaran bagi tentara Rusia dan Al-Qatala juga. Di saat-saat akhir pun mereka dianggap musuh oleh tentara Amerika karena ulah adiknya Hadir, padahal tujuan mereka benar-benar murni untuk membuat Urzikstan merdeka, tidak meneror negara lain seperti Al-Qatala. Tapi tetap ya, Farah teguh pada pendiriannya bahwa ULF ini bukan teroris, dan mereka hanya menyerang bagi siapa saja yang mengusik negaranya. “We are a protective force, we are rescuers, not killers.” selalu ditekankan Farah pada siapa saja yang meragukan kelompoknya.

Nah, bicara soal faktanya, ternyata sosok Farah karim ini ada di dunia nyata loh. Sosok komandan ULF ini terinspirasi dari pasukan tentara wanita di Suriah yang bernama Yekîneyên Parastina Jin‎, bahasa Kurdi yang disingkat menjadi Yuh-Pah-Juh (YPJ), kalau dibahasa arabin namanya jadi Waḥdāt Ḥimāyat al-Marʼa, kalau dibahasa Inggrisin jadi  Women’s Protection Units atau Women’s Defense Units. 

Satuan YPJ ini didirikan pada 2 April 2013 di Jindires, kota di bagian utara Suriah. Meskipun begitu, peran wanita dalam peperangan di Suriah sudah dimulai di tahun 2011, dan waktu itu masih tergabung sebagai Yekîneyên Parastina Gel atau People’s Protection Units, yang dimana prajurit sukarelawan pria dan wanitanya bergabung di sini.

Jumlah prajurit wanita ini bukan main ya, di tahun 2014 dilaporkan jumlah personel YPJ lebih dari 7,000 orang dengan rentang umur 18 sampai 40 tahun. Di bulan November 2016, jumlah prajuritnya meningkat 20,000 ribu orang. Info terakhir, di bulan Agustus 2017 satuan ini memiliki 24,000 orang.

Bagaimana dengan skill mereka? Mereka udah ngapain aja? Sudah banyak, dan kebanyakan diantaranya mereka sudah berperang melawan ISIS. Saya cuman sebutin beberapa aja ya, selebihnya sobat gamer bisa googling. Di tahun 2014 mereka terlibat pada peperangan di Kobane ketika ISIS hendak merebut wilayah itu. Hanya bermodalkan AK-47, granat buatan dan kendaraan seadanya, mereka berhasil menahan gempuran dari ISIS, yang pada akhirnya dibantu oleh serangan udara Amerika.

Bukan hanya itu, pada Agustus 2014 mereka juga terlibat dalam Operasi militer di gunung Sinjar, sebuah wilayah di barat laut Iraq. Di sana mereka menolong lebih dari 10,000 kaum Yazidi dari pembantaian yang dilakukan ISIS. Pada waktu itu ISIS sudah menguasai gunung Sinjar setelah mengalahkan pasukan Kurdish di sana. Mereka menolong kaum Yazidi yang dianggap oleh ISIS sebagai komunitas pemuja setan yang pada akhirnya mereka bantai dan dipaksa jadi budak sex…

Karena hal itu, media Kurdish pun menyebut YPJ sebagai tentara paling berpengaruh besar di peperangan. Tapi kalau dilihat-lihat, wanita dari YPJ ini cantik banget… Salah satu tentara wanita yang cantik di YPJ bernama Asia Ramazan Antar, dikenal juga dengan nama Viyan Antar. Dia menjadi simbol pejuang feminis di mata internasional ketika dia sedang melawan ISIS di Rojava bersama YPJ di tahun 2014. Banyak yang nyebut bahwa dia Angelina Jolie-nya Kurdi, dan dimirip-miripin sama artis Spanyol Penelope Cruz. Tapi sayang… Prajurit cantik ini telah tewas di Manbij pada 30 Agustus 2016 di tangan ISIS. Menyedihkan.. Tapi seenggaknya dia udah membela apa yang udah dia yakinin…

Wajah-wajah cantik yang tampil di YPJ itu pada akhirnya ikut berperang… Aksi mereka ini merupakan aksi bela negara, berjuang dan berkorban demi negara, berjiwa patriot. Jadi, biarpun cantik-cantik, dont you dare to mess with them. Hehehehe