Cerberus Gaming

Ghost, Mace, Nikto, dan Alex – Misteri Topeng Ghost di Call of Duty Modern Warfare

Well, karena sampai detik ini saya masih Euforia sama Call of Duty Modern Warfare, apalagi pas muncul Call of Duty Warzone yang free to play alias gratis, kali ini, saya masih akan bahas sebuah misteri yang ada di seri Call of Duty terbaru ini, yaitu tentang topeng yang dipakai si Simon Riley, alias Ghost. Dulu di seri Modern Warfare tahun 2007,  karakter Ghost ini muncul pakai topeng tengkorak (bukan topeng kali ya, cuman balaclava bergambar tengkorak aja jatohnya, dan kacamata sporty-nya). Saya akuin sih, itu jadi iconic banget, dan dikenang para fans pada masanya, walaupun pada kecewa ternyata doi ga berlanjut di MW3 karena mati di tangan Shepherd.

Kali ini Infinity Ward melakukan reboot pada game Modern Warfare, jadi semua desain karakter dan cerita dibuat ulang, termasuk si Ghost, yang bahkan sempat dibilang bahwa karakter Simon Riley ini adalah Alex, si agent CIA asal Amrik. Tapi ternyata enggak ya, akhirnya di Season Two Simon Riley hadir dengan topeng tengkorak iconic-nya dan menjadi bagian playable character lewat operator yang dihadirkan sang developer, kalau sobat gamer beli Battle Pass-nya ya. Hehehehe

Yang unik dan menjadi misteri di sini adalah… Ternyata yang pakai topeng tengkorak, di sini saya sebut “topeng Ghost” ya, bukan hanya si Simon Riley aja, tapi ada operator lain yang bernama Mace. Awalnya saya ga begitu penasaran ya kenapa bisa ada dua gitu. Tapi rasa penasaranku memuncak pas saya liat videonya Inkslasher dan di sana saya liat ada sebuah tweet dari Joel Emslie, Art Director dari game ini. Dalam tweetnya ketika disinggung soal ada dua orang pakai topeng ghost, dia menjawab “Not just anyone can wear that type of a mask.” yang artinya, ga semua orang bisa pakai topeng itu. Well di sini saya baru bisa bilang, ” What is Going On Here…”

Nah, kali ini saya akan membahas sebuah teori, spekulasi, dan opini pribadi lagi tentang hal ini, terkait siapakah mereka dan siapa saja sejauh ini yang terlibat, tapi yang jelas teori yang saya bawa akan berbeda dengan apa yang disampein sama si Inkslasher, terutama soal hubungannya sama game Call of Duty Ghosts yang dirils 2013 lalu. Untuk yang itu saya sama sekali ga setuju, walaupun pada akhirnya ternyata memang nyambung, ya udah, berarti si Inkslasher benar. Tapi sejauh ini, saya rasa game Modern Warfare yang sekarang ga ada sama sekali hubungannya sama seri Ghosts.

Ok, jadi kita bahas satu-satu ya, mulai dari siapa mereka sebenarnya. Well, saya rasa mereka ini tergabung dalam sebuah kelompok atau bahkan sekte khusus yang mereka ikutin atau mereka buat, apakah karena sama-sama satu latar belakang, jadi mereka pernah berkerja sama dan berperang di satu unit yang sama, terus mereka bersumpah untuk memakai topeng ghost sama-sama atau sebuah bentuk move on dari masa lalu yang kelam yang dialami mereka, saya tidak tahu. Tapi kenapa saya bisa ngomong gitu, karena ya masa lalu si Simon Riley kelam banget, kalau versi komiknya ya, sobat gamer bisa cek videonya si Frits Bhaskara untuk lebih detailnya. Kalau versi rebootingnya nanti apakah akan sama atau beda, kita lihat nanti.

Selain itu juga ada Mace, seorang mantan Ranger pasukan Amerika yang akhirnya keluar dan bergabung dengan Jackal. Kenapa dia keluar dari Ranger dan menjelma jadi sosok baru di Jackals, pasti bakal diungkap dan kemungkinan ceritanya bakal kelam juga.

Ada lagi? Yes, Nikto, jelas dia punya masa lalu yang kelam. Awalnya dia seorang agent FSB yang pada akhirnya ketahuan, ditangkap dan disiksa oleh Mr. Z alias Zakhaev Family, sampai akhirnya dia mengalami Dissociative disorders, sebuah penyakit jiwa yang dimana penderita mengalami krisis identitas akibat trauma yang berat. Karena kemampuannya masih hebat, akhirnya dia kembali ke medan perang bersama Spetnaz dengan nama Nikto. Dalam bahasa Rusia sendiri Nikto berarti “Nobody”, atau bukan siapa-siapa.

Lah, tunggu. Si Nikto kan ga pake topeng tengkorak kayak si Ghost sama si Mace? Kenapa lu masukin ke tim Ghost? Hm, saya ga tau ini bener atau enggak, tapi kayaknya si Nikto ini juga termasuk ke dalam Ghost squad. Why? Jika sobat gamer lihat video profil yang ditampilkan developer, akan ada sebuah siluet yang memperlihatkan gambar tengkorak yang tidak lain dan tidak bukan adalah topeng ghost. Yes… Yes… Apakah nanti developer akan menjual skin Nikto dengan topeng ghost, Let’s see…

Ok, terus, siapa aja yang tergabung dalam sekte ghost ini? Well, sejauh yang terlihat ada Simon Riley dan Mace ya, terus juga ada Nikto walaupun masih simpang siur, tapi ada satu orang lagi yang mungkin bisa tergabung pada kelompok ini. Ya, orang itu adalah Alex. Ok, kita udah tahu pasti ya kalau si Alex ini bukan si Ghost, dan ternyata Simon Riley juga bener-bener Simon Riley dari SAS Inggris, langsung di dalam arahan si Captain Price. Tapi entah kenapa saya merasa yakin bahwa si Alex ini akan muncul lagi sebagai sosok baru. Jangan-jangan gambar yang bocor beberapa waktu yang lalu juga benar-benar dia, sosok orang memakai topeng Ghost dan bermata biru. Bukan apa-apa ya, soalnya jika sobat gamer namatin Campaign dengan difficulty Veteran atau Realism, kalian akan dapat sebuah achievement yang bertuliskan “Out of The Fire”, mengisyaratkan bahwa si Alex ini sebenernya kabur dari ledakan dan akan muncul sebagai sosok yang baru. Once again, ini masih sebuah misteri, let’s see what happen next.

Satu hal yang menarik sebagai penutup, soal topeng ghost yang saya rasa unik, yaitu soal tengkoraknya. Apa sobat gamer merhatiin ga bentuknya? Mirip tengkorak asli yang mereka bongkar terus mereka potong mukanya dan dijadiin topeng… Ga tau sih ya.. Tapi kalau bener… OMAIGOOOODDD, berarti bisa bener kelompok Ghost ini sekte. Hahahahaahha