Cerberus Gaming

Omar “The Wolf” Sulaman, Osama bin Laden di Call of Duty Modern Warfare

Nah, kali ini, di sini, saya akan membahas Omar Sulaman, atau yang dikenal sebagai The Wolf, salah satu tokoh antagonis dari cerita di CoD MW ini. Saya pengen bahas ini karena dirasa ini menarik, dia mirip sama Osama bin Laden, tokoh real life yang jadi High Value Target pasukan Amerika Serikat karena dia bertanggung jawab atas hancurnya gedung World Trade Center dan Pentagon pada 11 September 2001. Semirip apa tokoh fiktif the Wolf dengan tokoh real Osama? Saya akan bahas itu beserta sedikit profil dari Omar Sulaman. So, let’s check it out.

Omar Sulaman… Adalah seorang tokoh yang awalnya dicintai dan dipuji, tapi pada akhirnya dibenci sampai akhir hayatnya. Dia seorang anak pemilik perusahaan konstruksi yang cukup dikenal oleh kalangan pemuka agama, pemerintahan dan militer. Sejak muda, The Wolf ini sudah jijik melihat berbagai macam korupsi dan kemunafikan merajalela. Dengan adanya kebencian itu, dan disertai oleh kemampuan finansial yang kuat (maklum, anak saudagar), akhirnya dia membuat sebuah gerakan pemberontakan independen serta mendirikan kamp pelatihan secara insentif di Timur Tengah. Di sini dia masih belum menjadi Al-Qatala ya.

Apa yang membuat dia sebelumnya dicintai dan dipuji? Dia pada awalnya sama seperti Farah Karim, dia adalah pemimpin dari Liberation Force di Urzikstan, dan dia juga menjadi kunci sekutu bagi pasukan barat. Namun semuanya berubah setelah dia menjadi intoleran pada negara barat, dan menganggap campur tangan dari negara luar itu menjadi sebuah ancaman. Karena hal itu, Omar Sulaman memanggil semua orang yang setuju padanya dan terbentuklah Al-Qatala.

Berbeda dengan jaringan teroris yang mengatasnamakan agama sebagai doktrin anak buahnya, Al Qatala ini lebih ke arah menunjukkan sikap “anti institusi, anti empire, dan anti enterprise.” Makanya semua yang bersifat pemerintahan, apalagi campur tangan asing, menjadi musuh bagi Al-Qatala, termasuk pemerintahan Urzikstan itu sendiri.

Terus darimana Omar Sulaman dapat gelar ‘Al dzib’ atau “The Wolf”? Nah, hal ini karena keberanian dia membuat sebuah gerakan pemberontakan independen serta mendirikan kamp pelatihan secara insentif di Timur Tengah. Hal tersebut dipuji oleh para pengikutnya karena filosofi ‘lone wolf’ di mata mereka, yaitu pejuang yang berjuang sendiri, hingga pada akhirnya mereka menyebut Omar Sulaman sebagai The Wolf dan naik ke posisi kepemimpinan Al Qatala secara de facto.

The Wolf pada akhirnya tewas ditangan Farah dan Alex. Walaupun pada akhirnya dia akan mati juga karena sudah menyiapkan bom untuk bunuh diri dan meledakkan semua area persembunyiannya, tapi hal tersebut berhasil diantisipasi oleh Farah Karim, karena bomnya berhasil dijinakkan, dengan bantuan Alex tentunya.

Nah… Itu dia dia sekilas tentang profil singkat dari Omar Sulaman. Terus, apa yang membuat The Wolf ini disebut sebagai Osama bin Laden-nya Call of Duty? Berikut ada beberapa persamaannya.

Pertama, sama-sama anak pemilik perusahaan konstruksi. Osama bin Laden adalah anak dari Mohammed bin Awad bin Laden, seorang miliyuner di bidang konstruksi yang bernama Saudi binLaden Group. Sudah banyak proyek yang dipegang oleh perusahaan itu, salah satunya adalah bandara internasional Kuala Lumpur Malaysia dan Masjidil Haram di Makkah, walaupun diputus kontrak ditengah-tengah karena kecelakaan ketika pembangunan. Saking kayanya, ayahnya Mohammed bin Laden ini memiliki 22 istri dan 52 orang anak, salah satunya Osama bin Laden.

Kedua, sama-sama pejuang untuk kemerdekaan negaranya, cuman bedanya The Wolf di Urzikstan, kalau Osama di Afghanistan. Tapi dipikir-pikir juga Urzikstan ini plesetan dari Afghanistan, soalnya sama-sama dijajah Rusia, tapi saya bingung juga kenapa ga Afghanistan aja gitu? Soalnya Rusia dan USA beneran ada, Inggris juga. Hm.. Ah, sudahlah. Terus.. Osama bin Laden merupakan pejuang Afghanistan melawan pasukan Uni-Soviet di tahun 1979. Dia memberikan uang untuk membeli suplai dan senjata, dan juga menghimpun para orang-orang arab untuk bergabung bersamanya melawan pasukan Uni-soviet.

Ketiga, sama-sama mendirikan jaringan teroris. Mungkin istilah Al-Qatala juga merupakan plesetan dari Al-Qaeda. Tapi bedanya kalau Al-Qatala itu kalau diartiin aja udah serem yah.. Al-Qatala, pembunuh. Beda dengan Al-Qaeda, yang artinya basis, base, atau foundation. Selain itu juga dari ideologi yang dipahami juga berbeda, Al-Qaeda benar-benar teroris yang berlandaskan doktrin agama, beda dengan Al-Qatala yang berlandaskan anti institusi, anti empire, dan anti enterprise, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Terakhir, kronologi penyergapan yang dilakukan Captain Price dan pasukan US mirip. Sobat gamer bisa lihat film Zero Dark Thirty yang dimana mereka ditangkap secara sembunyi-sembunyi dan ditembak, mirip dengan chapter The Wolf’s Den yang dimana sebelum masuk ke bawah tanah, mereka menyergap rumah mirip teroris mirip dengan yang di Zero Dark Thirty. Tapi ya di Zero Dark Thirty ga ada adegan bawah tanahnya ya. Biar keren dan dramatis lah ya kalau di game. Hehehehe…